Resep Mun Tahu Babi Sederhana

Babiguling.id – Ketika hendak membuat mun tahu babi dengan kualitas rasa enak maupun lezat, tentunya membutuhkan resep yang tepat. Tak perlu khawatir, karena untuk resepnya ini terbilang cukup sederhana.

Di dalam resep mun tahu babi, terdapat bahan-bahan sayuran seperti wortel hingga daun bawang. Sedangkan bumbu untuk formula tersebut sebagian besar menggunakan rempah, ada jahe, merica, bawang putih dan lain-lain.

Kamu bisa dengan mudah mendapatkan bumbu serta bahan resep mun tahu babi di pasar maupun warung terdekat. Namun selain mengetahui hal itu, kamu juga perlu memahami cara membuat hidangannya dengan baik.

Oleh karena itu kami telah menyiapkan resep mun tahu babi sederhana beserta langkah-langkah membuatnya. Apabila kamu ingin mengetahui secara detail mengenai hal tersebut, silakan simak ulasan di bawah ini.

Rekomendasi Resep Mun Tahu Babi

Rekomendasi Resep Mun Tahu Babi
Source Image: YouTube/Nael Onion

Mun tahu babi termasuk sebagai salah satu makanan dari Indonesia khas Chinese. Namun keberadaan hidangan ini cukup populer di Indonesia. Mengingat mun tahu babi memiliki cita rasa khas yang enak dan tekstur dagingnya terasa lebih empuk ketika dimakan.

Oleh karena itu tak sedikit ibu rumah tangga seringkali mencari tahu tentang resep mun tahu babi yang enak serta lezat. Pada dasarnya formula hidangan terbilang cukup sederhana lantaran bahan ataupun bumbunya berasal dari sayur dan rempah-rempah asli. Selain itu resep mun tahu babi praktis untuk diterapkan di rumah.

Nama ResepMun Tahu Babi
KategoriMasakan Daging
Waktu Persiapan20 Menit
Waktu Penyajian45 Menit
Jumlah Penyajian1 Porsi

Bahan:

  • Daging babi sesuai selera
  • Tahu Jepang 1 setengah
  • 1 sendok makan saos tiram
  • 1 sendok makan kecap
  • Air secukupnya/menyesuaikan selera
  • Tepung maizena, larutkan
  • 1 sendok makan kecap asin
  • 1/2 sendok teh lada bubuk
  • 1/2 sendok makan gula pasir
  • Garam secukupnya
  • 3 siung bawang putih, haluskan

Cara Membuat:

  1. Siapkan wajan di atas kompor, tuang minyak secukupnya. Nyalakan kompor.
  2. Apabila minyak sudah panas, tumis bawang putih yang sudah dipotong-potong hingga harum.
  3. Kemudian masukkan daging babi yang telah digiling halus. Masak daging sampai warnanya berubah.
  4. Tambahkan saos tiram, minyak wijen, kecap manis, kecap asin, sasa, lada bubuk, gula pasir. Aduk agar semua bumbu tercampur secara merata.
  5. Setelah itu tuangkan air secukupnya, sambil diaduk.
  6. Selanjutnya masukkan tahu jepang. Tambahkan garam jika kurang asin, Aduk.
  7. Biarkan sampai masakan mendidih.
  8. Kemudian larutkan tepung maizena, tuangkan. Aduk agar tidak menggumpal, masak sampai matang.
  9. Koreksi rasa terlebih dahulu, jika belum pas maka dapat menambahkan bumbu.
  10. Selesai, mun tahu babi siap untuk dihidangkan.

Manfaat Mun Tahu Babi

Manfaat Mun Tahu Babi
Source Image: cookpad.com

Tak hanya rasanya enak serta lezat, tetapi ternyata mun tahu babi memiliki sejumlah manfaat kesehatan untuk tubuh. Manfaatnya dapat kamu rasakan ketika mengkonsumsinya secara rutin. Oleh karena itu mun tahu babi bisa dijadikan menu lauk makan di rumah.

Meski terdapat beberapa manfaat, tetapi disarankan agar tidak mengkonsumsinya terlalu sering. Pasalnya bila dikonsumsi melebihi batas wajar, bisa menimbulkan efek samping. Adapun manfaat mengkonsumsi mun tahu babi yaitu:

  • Berdasarkan penelitian, asupan tahu berhasil menurunkan risiko kanker penernaan sebanyak 59% untuk perempuan serta 61% pada pria.
  • Di dalam tahu mengandung isoflavon, yaitu senyawa di mana dipercaya bisa mengontrol serta menurunkan kadar gula darah.
  • Isoflavon pada tahu juga dapat membantu mengencangkan otot kulis serta mempertahankan elastisitas kulit.
  • Mengkonsumsi daging babi membantu pembentukan sel darah merah karena di dalamnya mengandung vitamin B.
  • Mun tahu babi bisa menjadi sumbet zat besi untuk tubuh.
  • Kemudian ketika mengkonsumsi mun tahu babi, maka dapat menciptakan massa otot baru.

Kesimpulan

Mungkin itu saja pembahasan mengenai resep mun tahu babi sederhana. Formula tersebut bisa dengan mudah diterapkan di rumah. Apabila ingin mendapatkan hasil masakan berkualitas enak, maka perlu memperhatikan langkah-langkah memasaknya.

Selain itu sebelum memasak, sebaiknya siapkan bahan-bahan beserta bumbunya terlebih dahulu. Kamu bisa membelinya di pasar ataupun warung terdekat. Demikianlah ulasan singkat ini, semoga dapat bermanfaat bagi kamu di mana hendak memasak mun tahu babi di rumah.

Tinggalkan komentar